Selasa, 18 Juni 2013

Definisi Teknologi Pendidikan


Pengertian teknologi pendidikan
Istilah “teknologi” berasal dari bahasa Yunani: technologis. Technie berarti seni, keahlian atau sains; dan logos berarti ilmu. Teknologi, menurut Gaibraith dapat diartikan sebagai penerapan sistematik dari pengetahuan ilmiah atau terorganisasikan dalam hal-hal yang praktis. Teknologi pendidikan dalam arti sempit bisa merupakan media pendidikan, yaitu hasil teknologi sebagai alat bantu dalam pendidikan agar berhasil guna, efisien dan efektif.
Sedang dalam arti luas menurut Association for Educational Communication and Technology (AECT) adalah proses yang kompleks dan terpadu yang melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan dan organisasi untuk menganalisis masalah, mencari problem solving, melaksanakan evaluasi dan mengelola pemecahan masalah yang menyangkut semua aspek belajar manusia. Dari definisi tersebut minimal ada dua hal yang penting di garis bawahi: proses dan belajar manusia. Keduanya bersifat dinamis dan melibatkan human factor sebagai penggerak motor prose situ sendiri.
Melihat definisi di atas, kiranya teknologi pendidikan sangat bermanfaat bagi manusia dalam hal ini masyarakat pendidikan. Dalam teknologi pendidikan akan melibatkan prosedur, ide, peralatan, dan organisasi untuk menganalisis masalah pendidikan, mencari problem solving, mengadakan evaluasi dan mengelola pemecahan masalah yang menyangkut sema aspek pembelajaran dalam pendidikan. Inilah manfaat signifikan teknologi pendidikan bagi upaya peningkatan mutu pendidikan dan human resources empowering.
Dalam konteks pendidikan yang lebih umum, ataupun hanya PBM, teknologi pendidikan merupakan pengembangan, penerapan, dan penilaian sistem, teknik dan alat bantu untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas belajar manusia. Dengan demikian aspek-aspeknya meliputi pertimbangan teoritik yang merupakan hasil penelitian, perangkat dan peralatan teknis atau hardware, dan perangkat lunaknya atau software. Aspek-aspek tersebut difungsikan untukmendesign, melaksanakan penilaian pendidikan, dengan pendekatan yang sistematik