Sabtu, 03 Januari 2015

METODE DAN TEHNIK MENGAJAR DALAM PENDIDIKAN ISLAM


BAB II




METODE DAN TEHNIK MENGAJAR
DALAM PENDIDIKAN ISLAM




  1. A.            METODE MENGAJAR
    1. 1.             Pengertian Metode
    2. Secara Etimologi
Metode dalam bahasa arab,di kemaldengan istilah thoriqoh yang berartilangkah-langkah strategis yang di persiapkan untuk melakukan suatu pekerjaan. Bila di hubungkan dengan pekerjaan. Bila di hubungkan dengan pendidikan, maka metode itu harus diwujudkan dalam prosespendidikan, dalam rangka menge,bangkan sikap mental dan kepribadian agar pesrta didik menerima pelajaran dengan mudah, efektiv dan dapat dicerna dengan baik.
Metode mengajar dapat di artikan sebagai cara yang dipergunakan oleh guru dalam pembelajarkan peserta didik saat berlangsungnya proses pembelajaran.
  1. Secara Terminologi
Paraahli mendefinisikan metode sebagai berikut :
1)         Hsan langgulung mendefinisikan bahwa metode adalah cara atau jalan yang harus di lalui untuk mencapai untuk tujuan pendidikan.
2)         Abd. Al-Rahman Ghunaimah mendefinisikan bahwa metode adalah cara-cara yang praktis dalam mencapai tujuan pengajaran.
3)         Ahmat Tafsir, mendefinisikan bahwa metode mengajar adalah cara yang penting tepat dan cepat dalam mengajarkan mata pelajaran.
Berdasarkan beberapa definisi di atas dapat di simpulkan bahwa metode adalah seperangkat cara , jalan dan tehnik yang di gunakan oleh pendidik dalam proses pembelajaran agar peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran atau menguasai kompetensi tertentu yang di rumuskan dalam silabi mata pelajaran.
Dalam pandangan filosofis pendidikan, metodemerupakan alat yang di dipergunakan untuk mencapai tujuan pendidikan.alat itu mempunyai fungsi ganda, yaitu bersifat polipragmatis dan monopragmatis.
Polipragmatis bilamana metode mengandung kegunaan yangserba ganda (multipurpose), misalnya suatu metode tertentu pada suatu situas kondisi tertentu dapat di gunakan untuk membangun atau memperbaiki sesuatu. Kegunaanya dapat tergantung pada si pemakai atau pada corak, bentuk, dan kemampuan metode sebagai alat, sebaliknya, monopragmatis bilamana metode mengandung satu macam kegunaan untuk satu macam tujuan.
Menurut M. Arifin penggunaan metode bersifat konsisten , sistematis dan kebermaknaan menurut kondisi sasaranya. Mengingat sasaran metode adalah manusia, sehingga pendidik dituntut untuk berhati-hati dalam penerapanya.
  1. 2.             Prinsip-Prinsip Metode Mengajar
Agar dapat efektif, maka setiapmetode harus mempunyai prinsip-prinsip sebagai berikut
  1. Metode tersebut harus memanfaatkan teori gegiatan mandiri. Belajar merupakan akibat dari kegiatan peserta didik. Pada dasarnya belajar ituberujud dari pengalaman, memberi reaksi, dan melakukan. Menurut prinsip ini seseorang  belajar melalui reaksi atau melalui kegiatan mandiri yang merupakan landasan dari semua pembelaran. Pengajaran harus dilaksanakan melalui bembelajaran tangan pertama. Dengan kata lain peserta didik banyak memperolaeh pengalaman belajar.
  2. Metode tersebut harus memanfaatkan hokum pembelajaran. Metode kegiatan dalam pembelajaran berjalan dengan jalan tertib dan efisien sesuai dengan hukum-hukum dasar yang mengatur pengoprasianya. hukum-hukum dasar menyangkut kesiapan, latihan dan akibat, harus dipertimbangkan dengan baikdalam segala jenis pembelajaran. Pembelajaran yang baik memberi kesempatan terbentuknya motivasi, latihan, peninjauan kembali, penelitian, dan evaluasi.
  3. Metode tersebut harus berawal dari apa yang sudah di ketahui pesereta didik. Memanfaatkan pengalaman masa lampau peserta didik yang mangandung unsur-unsur  yang sama dengan unsur-unsur  materi pembelajarn yang di pelajari akan melancarkan pembelajaran. Hal tersebut dapat di capai dengan sangat baik  melalui korelasi dan pembandingan. Pembelajaran akan dipermudah apabila yang memulainya dari apa yang sudah di ketahui pesereta didik.
  4. Metode tersebut harus didasarkan atas teori  dan praktek yang terpadu dengan baik yang bertujuanmenyatukan kegiatan pembelajaran. Ilmu tanpa amal (praktek) seperti kayu tanpa buah.
  5. Metode tersebut harus memperhatikan perbedaan individual dan melalui prosedur-prosedur yang sesuai dengan cirri-ciri pribadi seperti kebutuhan, minat serta kematangan mental dan fisik.
  6. Metode harus merangsang kemampuan berpikir dan nalar para peserta didik. Prosedurnya harus memberikan peluang bagi kegiatan berpikir dan kegiatan pengorganisasian yang seksama. Prinsip kegiatan mandiri sangat penting dalam mengajar peserta didik untuk bernalar.
  7. Metode tersebut harus disesuaikan dengan kemajuan peserta didik dalam hal ketrampilan, kebiasaan, pengetahuan, gagasan, dan sikap peserta didik, karena semua ini merupakan dasar dalam psikologi perkembangan.
  8. Metode tersebut harus menyediakan bagi para peserta didik  pengalaman- pengalaman belajar melalui kegiatan belajar yang banyak dan bervariasi. Kegiatan-kegiatan yang banyak dan bervariasi tersebut diberikan untuk memastikan pemahaman.
  9. Metode tersebut harus menantang dan bermotifasi peserta didik ke arah Kegiatan-kegiatan yang menyangkut proses deferensiasi dan integrasi. Proses penyatuan pengalaman sangat membantu dalam terbentuknya tingkah laku terpadu. Ini paling baik di capai melalui penggunaan metode pengajaran terpadu.
  10. Metode tersebut harus memberi peluang bagi peserta didik untuk bertanya dan menjawabpertanyaan. Dan memberi paluang pada guru untuk menemukan kekurangan-kekurangan agar dapat di lakukan perbaikan dan pengayaan (remedial dan anrichment).
  11. Kelebihan suatu metode dapat menyempurnakan kekurangan/kelemahan metode lain. Metode taya jawab, metode demonstrasi, metode eksperiment, metode diskusi, dan metode proyek, kesemuanya dapat di gunakan untuk mendukung kelemahan metode ceramah, kenyataan yang diterima secara umum bahwa metode yang baik merupakan sintesa dari banyak metode atau prosedur. Hal ini didasarkan atas prinsip bahwa pembelajaran terbaik terjadi apabila semakin banyak indra yang dirangsang.
    1. Satu metode dapat dipergunakan untuk berbagai jenis materi atau mata pelajaran memerlukan banyak metode.
    2. Metode pendidikan islam harus digunakan dengan prinsip[ fleksibeldan dinamis. Sebab dengan kelenturan dan kedinamisan metode tersbut, pemakaian metode tidak hanya monoton dan zaklik dengan satu metode saja. Seorang pendidik harus mampu memilih salah satu dari berbagai alternative yang ditawarkan oleh para pakar yang di anggapnya cocok dan pas dengan materi, multi kondisi peserta didik, sarana dan prasarana, situasi dan kondisi lingkungan, serta suasana pada waktu itu.
  1. penggunaan metode
langgulung perpendap-at bahwa penggunaan metode didasarkan atas tiga aspek pokok yaitu :
1)      sifat-sifat yang kepentingan yang berkenaan dengan tujuan utama pendidikan islam yaitu pembinaan manusia mukmin yang mengaku sebagai hamba Allah.
2)      Berkenaan dengan metodo-metode yang betul-betul berlaku yang disebutkan dalam Al-Qur’an atau disimpulkan dari padanya.
3)      Membicarakan tentang pergerakan (motivation) dan disiplin dalam istilah Al-Qur’an disebut ganjaran (showab) da hokum Iqab.
Dalam pendidikan yang diterapkan dibarat, metode pendidikan sepenuhnya tergantung kepada kepntingan pesrta didi, para guru hanya bertindak sebagai motivator, stimulator, fasilisator, ataupun hanya sebagai instruktur. Sestem yang cenderung dan mengarah pada pesrta didik sebagai pusat (chil centre) ini sangat menghargai adanya perbedaan individu para peserts didik (individual differencies). Hal ini menyababkan para guru bersikap merangsang dan mengarahkan para peserta didik mereka untuk belajar dan  mereka diberi kebebasan, sedeangkan pembentukan karakter dan pembinaan moral hamper kurang dari para guru.
Akibat penerapan metode yang demikian itu menyebabkan pendidikan kurang membangun watak dan kepribadian. Dihubungkan dengan fenomena yang timbul dimasyarakat dimana para guru semakin dihormati oleh para peserta didiknya.
Pada titik awal ini sudah ada perbedaan yang besar antara metode pendidikan islam dengan metode pendidikan barat  yang dianggap sebagai metode pendidikan modern itu. Metode pendidikan islam sangat menghargai kebebasan individu, Selama kebebasan itu berjalan dengan fitrahnya, sehingga seorang guru dalam mendidik tidak dapat memaksa peserta didiknya dengan cara yang bertentangan dengan fitrahnya. Tetapi sebaliknya para guru dalam membentuk karakter peserta didiknya. Tidak boleh duduk diam sedangkan peserta didiknya memilih jalan yang salah.
Upaya guru untuk memilih metode yang tepat dalam mendidik peserta didiknya adalah dengan menyesuaikan metode dengan kondisi psikis peserta didiknya ia harus mengusahakan agar materi pelajaran yang bdiberikan kepada peserta didik mudah diterima. Dalam hal ini tidaklah cukup pendidik bersikap lemah lembut saja. Ia harus memikirkan metode-metode yang harus digunakannya, seperti juga memilih waktu yang tepat, materi yang cocok, pendekatan yang baik, efektivitas, penggunaan metode dan sebaliknya. Untuk itu seorang guru dituntut untuk mempelajari berbagai metode yang digunakan dalam mengajarkan suatu mata pelajaran, seperti bercerita, mendemostrasiakn, mencobakan, memecahkan masalh, mendiskusikan yang digunakan oleh ahli pendidikan Islam dari zaman dahulu sampai sekarang, dan memepelajari prinsip-prinsip metodologi dalam ayat-ayat Al-Qur’an dan sunnah Rosululloh SAW.
  1. Metode Mengajar Dalam Pendidikan Islam
Umat islam sebagai umat yang dianugerahkan tuhan suati kitab suci Al-Qur’an, yang lengkap dengan petunjuk yang meliputi seluruh aspek kehidupan dan bersifat universal, sudah barang tentu dasar pendidikan mereka bersumber dari filsafat hidup yang bersumber dari Al-Qur’an.
Nabi muhammad SAW sebagai pendidik pertama, pada mas awal pertumbuhan islam telah menjadikan Al-Qur’an sabagai dasar pendidikan islam disamping sunnah beliau sendiri.
Kedudukan Al-Qur’an Sebagai sumber pokok pendidikan isalm dapat di pahami dari ayat Al-Qur’an itu sendiri.
Firman Allah:
Artinya :
“dan kami tidak menurunkan kepada Al Kitab (Al-Qur’an)  ini melainkan agar kamu dapat menjelaskan kepada mereka perselisihan itu dan menjadi petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman”.(Q. S. Al-nahl :64)
Selanjutnya firman Allah SWT :
Artinya :
ini adalah sebuah kitab yang kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatNYA dan dengan dapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran” (Q. S. Shad :29)
Sehubungan dengan masalah ini, Muhammad Fadhil Al-Jamali menyatakan sebagai berikut :
”pada hakikatnya Al-Qur’an itu merupakan perbendaharaan yang besar untuk kebudayaan manusia, terutama bidang kerohanian. Ia pada umumnya merupakan kitab pendidikan kemasyarakatan, moril (akhlak) dan spiritual (kerohanian).”
Begitu pula Al-Nadwi memepertegas dengan menyatakan bahwa pendidikan dan pelajaran umat islam itu haruslah bersumber kepada aqidah Islamiyah. Menurut beliau lagi, sekiranya pendidikan umat islam itu tidak didasarkan kepada aqidah yang bersumber kepada Al-Qur’an dan Al-Hdits, maka pendidikan itu bukanlah pendidikan islam, tapi pendidikan asing.
Di bawah ini dikemukakan metode mengajar dalam pendidikan islam yang prinsip dasarnya dari Al-Qur’an.
Firman Allah SWT
Artinya :
Sesungguhnya kami turunkan Al-Qur’an dengan bahasa arab, mudah-mudahan kamu mengerti maksudnya. Kami riwayatkan (ceritakan) sebaik-baik cerita dengan perantara Al-Qur’an yang kami wahyukan ini, padahal sesungguhnya adalah engkau dahulu tidak mengetahui (orang yang lalai). (Q. S Yunus :23)