Pengertian
sejarah secara etimologi yaitu dari bahasa arab “syajara” yang berarti
“terjadi”, atau “syajarah” berarti “pohon” atau “syajarah al nasab” yang
berarti pohon silsilah.
Dari bahasa
latin dan Yunani sejarah beasal dari kata historia, yang berarti orang pandai. Menurut
Zuhairini kata sejarah dari bahasa Arab disebut tarikh, secara etimologi
berarti ketentuan masa dan perhitungan tahun.
Yang dimaksud ilmu tarikh adalah
suatu pengetahuan yang gunanya untuk mengetahui keadaan-keadaan atau
kejadian-kejadian yang telah lampau maupun yang sedang terjadi dikalangan umat.
Variabel sejarah ada 3 yaitu
peristiwa atau fakta, tersimpan, terjadi dimasa lampau dan adanya efek dimasa
sekarang.
Definisi sejarah pendidikan islam
adalah kata pendidikan. Pendidikan dalam arti luas adalah bimbingan yang
dilakukan oleh seseorang terhadap dirinya sendiri, seseorang terhadap orang
lain atau oleh lingkungan terhadap seseorang. Pendidikan dalam arti sempit
adalah bimbingan yang dilakukan seseorang yang kemudian disebut pendidik,
terhadap orang lain yang kemudian disebut peseta didik.
Sejarah pendidikan
islam adalah proses pewarisan dan pengembangan budaya umat manusia dibawah
sinar bimbingan ajaran islam, yaitu yang bersumber dan berpedomankan ajaran
islam.
OBJEK DAN
METODE MEMPELAJARI SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM
1. Objek Sejarah Pendidikan Islam
Objek sejarah pendidkan islam
adalah fakta tentang tujuan pendidikan, materi pendidikan, metode pendidikan,
pendidik, peserta didik, media pendidikan, evaluasi, lembaga pendidikan dan
lingkungan pendidikan sejak proses pendidikan yang diselengggarakan oleh
nabi Muhammad Saw.
2. Metode Mempelajari Sejarah Pendidikan Islam
Metode mempelajari sejarah
pendidikan islam ada 2 yaitu metode deskriptif, komparatif, analisis sintesis.
Metode
deskriptif dirancang untuk mengumpulkan informasi tentang keadaan-keadaan nyata
yang ditujukan untuk menggambarkan sifat suatu keadaan dan memeriksa
sebab-sebab dari suatu gejala tertentu dan hanya mengukur apa adanya.
Tujuan
metode deskriptif adalah untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara
sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta , sifat-sifat serta
hubungan antar fenomena yang diselidiki.
Metode
komparatif untuk mengidentifikasi atau membedakan fakta yang satu dengan fakta
yang lain, berusaha mengidentifikasi hubungan sebab akibat, dan membedakannya antara
fakta yang satu dengan fakta yang lain dan kemudian berusaha mengobservasi
pengaruh atau akibatnya terhadap atau beberapa fakta selanjutnya.
Metode
analisis berarti cara untuk mengidentifikasi, memisahkan dan membedakan
komponen-komponen atau elemen-elemen suatu fakta, konsep, pendapat, asumsi,
hipotesa, atau kesimpulan, dan memeriksa setiap komponen tersebut untuk melihat
ada tidaknya kontradiksi.
KEGUNAAN
SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM
Sejarah
pendidikan islam memiliki kegunaan sebagai faktor keteladanan. Dengan
mempelajari sejarah pendidikan islam , umat islam dapat meneladani proses
pendidikan semenjak zaman kerasulan Muhammad Saw, zaman Khulafaur Rasyidin,
zaman ulama-ulama besar dan para pemuka pendidikan islam.
Kegunaan
studi sejarah pendidikan islam itu adlah untuk :
1. Mengetahui dan memahami pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam sejak
zaman lahirnya sampai masa sekarang
2. Mengambil manfaat dari proses pendidikan islam, guna memecahkan prblematika
pendidikan islam pada masa kini
3. Memilki sikap positif terhadap perubahan-perubahan dan
pembaharuan-pemabaharuan sistem pendidikan islam
PERIODISASI
SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM
Periodisasi
pendidikan islam dibagi menjadi 5 periode, yaitu:
1. Periode pembinaan pendidikan islam, yang berlangsung pada zaman nabi
Muhammad Saw
2. Periode pertumbuhan pendidikan islam, yang berlangsung sejak nabi Muhammad
Saw wafat sampai akhir bani Umayyah, yang diwarnai dengan berkembangnya
ilmu-ilmu haliyah
3. Periode kejayaan pendidikan islam, yang berlangsung sejak permulaan daulah
Abbasiyah sampai dengan jatuhnya Baghdad, yang diwarnai oleh berkembangnya ilmu
aqliyah dan timbulnya madrasah, serta memuncaknya perkembangan kebudayaan
islam.
4. Periode kemunduran pendidikan islam, yaitu sejak jatuhnya Baghdad sampai
jatuhnya Mesir ketangan Napoleon, yang ditandai dengan runtuhnya sendi
kebudayaan islam dan berpindah pusat pengembangan kebudayaan ke dunia barat
5. Periode pembaharuan pendidikan islam, yang berlangsung sejak penduduk Mesir
oleh Napoleon sampai masa kini, yang ditandai dengan gejala kebangkitan kembali
umat dan kebudayaan islam.
Apabila
periodisasi sejarah pendidikan islam di Indonesia didasarkan pada periodisasi
sejarah islam di Indonesia, maka dapat dirumuskan sebagai berikut:
1. Pendidikan islam di Indonesia pada awalnya masuknya islam ke Indonesia
2. Pendidikan islam di Indonesia pada masa pengembangan islam di Indonesia
3. Pendidikan islam di Indonesia pada masa berdirinya kerajaan-kerajaan islam
4. Pendidikan islam di Indonesia pada masa penjajahan Portugis, Belanda dan
Jepang
5. Pendidikan islam di Indonesia pada masa kemerdekaan
6. Pendidikan islam di Indonesia pada masa pengembangan
Pendidikan islam di Indonesia
pada masa reformasi