Silabus
Perkuliahan
|
Perte
muan
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Metode
|
Sumber
|
1
|
Mengetahui pengertian, kedudukan, fungsi metode pembelajaran
pendidikan agama Islam dalam pendidikan Islam
|
1. Mahasiswa dapat mengetahui
pengertian metode pembelajaran pendidikan agama Islam
2. Mahasiswa dapat mengetahui kedudukan metode pengajaran agama dalam pendidikan Islam.
3. Mahasiswa dapat mengetahui fungsi metode
pengajaran agama.
|
Pengertian, kedudukan,
dan fungsi metode pembelajaran pendidikan agama Islam
|
Ceramah
|
Terlampir
|
2
|
Mengetahui tujuan dan
peran guru dalam metode pembelajaran pendidikan agama Islam
(andika Yulianto)
|
1. Dapat mengetahui tujuan metode
pembelajaran pendidikan agama Islam dalam kegiatan belajar mengajar
2. Dapat mengetahui peran guru mengaplikasikan
metodologi pengajaran dalam kegiatan belajar mengajar.
|
Tujuan dan peran guru dalam metode pembelajaran
pendidikan agama Islam
|
Diskusi
|
Terlampir
|
3
|
Mengetahui pengertian
siswa, tipologi belajar siswa dan penerapan metodenya dalam pembelajaran
pendidikan agama Islam
(Elya )
|
1. Mahasiswa dapat mengetahui
pengertian siswa berdasarkan al-Qur’an.
2. Mahasiswa dapat mengetahui
tipe belajar visual, ciri dan penerapan metodenya dalam pembelajaran.
3. Mahasiswa dapat mengahui
tipe belajar auditori, ciri dan penerapan metodenya dalam pembelajaran.
4. Mahasiswa dapat mengetahui tipe kinestetik,
ciri, dan penerapan metodenya dalam pembelajaran.
|
Pengertian siswa dan tipologi belajar siswa
|
Diskusi
|
Terlampir
|
4
|
Mengetahui ilmu jiwa belajar dalam metode pembelajaran PAI
(fitra)
|
1. Mahasiswa dapat mengetahui
definisi ilmu jiwa belajar.
2. Mahasiswa dapat mengetahui aspek-aspek
perkembangan dalam penentuan metode.
3. Mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu jiwa dalam
penerapan metode pengajaran agama
|
Ilmu jiwa belajar dalam metodologi pengajaran
|
Diskusi
|
Terlampir
|
5
|
Memahami desain metode ceramah dalam
pembelajaran pendidikan agama Islam
(Firman )
|
1. Mahasiswa dapat mengetahui pengertian metode
ceramah.
2. Mahasiswa dapat menjelaskan dasar metode ceramah
dalam al-Qur’an
3. Mahasiswa dapat mengetahui kelebihan dan
kekurangan metode ceramah.
4. Mahasiswa dapat membuat desain metode ceramah
dalam pembelajaran.
|
Desain metode ceramah dalam pembelajaran agama
Islam
|
Diskusi
|
Terlampir
|
6
|
Memahami desain metode diskusi dalam
pembelajaran pendidikan agama Islam.
(Hana)
|
1. Mahasiswa dapat mengetahui pengertian metode
diskusi.
2. Mahasiswa dapat menjelaskan dasar metode diskusi
dalam al-Qur’an.
3. Mahasiswa dapat mengetahui kelebihan dan
kekurangan metode diskusi.
4. Mahasiswa dapat membuat desain metode diskusi
dalam pembelajaran.
|
Desain metode diskusi dalam pembelajaran
pendidikan agama Islam
|
Diskusi
|
Terlampir
|
7
|
Memahami desain metode tanya jawab dalam
pembelajaran pendidikan agama Islam
(Kedriyadi)
|
1. Mahasiswa dapat mengetahui pengertian metode
tanya jawab.
2. Mahasiswa dapat menjelaskan dasar metode tanya
jawab dalam al-Qur’an.
3. Mahasiswa dapat mengetahui kelebihan dan
kekurangan metode tanya jawab.
4. Mahasiswa dapat membuat desain metode tanya
jawab dalam pembelajaran.
|
Desain metode tanya jawab dalam pembelajaran
pendidikan agama Islam
|
Diskusi
|
Terlampir
|
8
|
Memahami desain metode bercerita dalam
pembelajaran pendidikan agama Islam
(Klyn)
|
1. Mahasiswa dapat mengetahui pengertian metode
bercerita.
5. Mahasiswa dapat menjelaskan dasar metode
bercerita dalam al-Qur’an.
6. Mahasiswa dapat mengetahui kelebihan dan
kekurangan metode bercerita.
7. Mahasiswa dapat membuat desain metode bercerita
dalam pembelajaran.
|
Desain metode bercerita dalam pembelajaran
pendidikan agama Islam
|
Diskusi
|
Terlampir
|
9
|
Ujian Tengah Semester (UTS)
|
Ujian
Tengah Semester (UTS)
|
|||
10
|
Memahami desain metode eksperimen dalam
pembelajaran pendidikan agama Islam
( Mahdan Anshori)
|
1. Mahasiswa dapat mengetahui pengertian metode
eksperimen.
2. Mahasiswa dapat menjelaskan dasar metode
eksperimen dalam al-Qur’an.
3. Mahasiswa dapat mengetahui kelebihan dan
kekurangan metode eksperimen.
4. Mahasiswa dapat membuat desain metode eksperimen
dalam pembelajaran.
|
Desain metode eksperimen dalam pembelajaran
pendidikan agama Islam
|
Diskusi
|
Terlampir
|
11
|
Memahami desain metode drill dalam
pembelajaran pendidikan agama Islam
(Thohir)
|
1. Mahasiswa dapat mengetahui pengertian metode drill.
2. Mahasiswa dapat menjelaskan dasar metode drill
dalam al-Qur’an.
3. Mahasiswa dapat mengetahui kelebihan dan
kekurangan metode drill.
4. Mahasiswa dapat membuat desain metode drill dalam
pembelajaran.
|
Desain metode drill dalam pembelajaran
pendidikan agama Islam
|
Diskusi
|
Terlampir
|
12
|
Memahami desain metode resitasi dalam
pembelajaran pendidikan agama Islam
(Ilyasa)
|
1. Mahasiswa dapat mengetahui pengertian metode
resitasi.
2. Mahasiswa dapat menjelaskan dasar metode
resitasi dalam al-Qur’an.
3. Mahasiswa dapat mengetahui kelebihan dan
kekurangan metode resitasi.
4. Mahasiswa dapat membuat desain metode resitasi
dalam pembelajaran.
|
Desain metode resitasi dalam pembelajaran
pendidikan agama Islam
|
Diskusi
|
Terlampir
|
13
|
Memahami desain metode demonstrasi dalam
pembelajaran pendidikan agama Islam
(Nia )
|
1. Mahasiswa dapat mengetahui pengertian metode
demonstrasi.
2. Mahasiswa dapat menjelaskan dasar metode
demonstrasi dalam al-Qur’an.
3. Mahasiswa dapat mengetahui kelebihan dan
kekurangan metode demonstrasi.
4. Mahasiswa dapat membuat desain metode
demonstrasi dalam pembelajaran.
|
Desain metode demonstrasi dalam pembelajaran
pendidikan agama Islam
|
Diskusi
|
Terlampir
|
14
|
Memahami disain metode inquiri dalam
pembelajaran
( Nur Hamim)
|
1. Mahasiswa dapat mengetahui pengertian metode
inquiri.
2. Mahasiswa dapat menjelaskan dasar metode inquiry
dalam al-Qur’an.
3. Mahasiswa dapat mengetahui kelebihan dan
kekurangan metode inquiri.
4. Mahasiswa dapat membuat desain metode inquiri
dalam pembelajaran.
|
Desain metode inquiri dalam pembelajaran
|
Diskusi
|
Terlampir
|
15
|
Mahasiswa mempraktekkan penerapan matode ceramah
dalam pembelajaran PAI
(Ramlan)
|
1. Mahasiswa membuat desain metode ceramah
2. Mahasiswa mempraktekkan metode ceramah dalam
pembelajaran PAI
|
Desain dan Praktek Metode Ceramah
|
Demonstrasi
|
Terlampir
|
16
|
Mahasiswa mempraktekkan penerapan matode tanya
jawab dalam pembelajaran PAI
(Siti Aisyah)
|
1. Mahasiswa membuat desain metode ceramah
2. Mahasiswa mempraktekkan metode ceramah dalam
pembelajaran PAI
|
Desain dan Praktek Metode Tanya jawab
|
Demonstrasi
|
Terlampir
|
17
|
Evaluasi Mata Kuliah Metode Pembelajaran PAI 1
( Boby)
|
Evaluasi
Mata Kuliah Metode Pembelajaran PAI 1
|
Evaluasi Mata Kuliah Metode Pembelajaran PAI 1
|
Diskusi
|
Terlampir
|
18
|
Ujian Akhir Semester (UAS)
|
Referensi |
1. Arifin, M. 1994. Filsafat Pendidikan Islam.
Jakarta: Bumi Aksara
2. al-Attas, Syed Muhammad
al-Nuqaib. 1984. Konsep Pendidikan dalam Islam. terj. Haidar Bagir.
Bandung: Mizan
3. an-Nahlawi, Abdurrahman. 1996. Prinsip
dan Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga, di Sekolah dan di Masyarakat. terj.
Hery Noer Aly. Bandung: Diponegoro
4. Qutb, Muhammad. 1993. Sistem Pendidikan Islam. terj. Salman
Harun. Bandung: al-Ma’arif
5. Ramayulis. 1994. Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta:
Kalam Mulia
6. Abuddin Nata. 2009. Perspektif Islam tentang Strategi
Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
7. Samsul Nizar dan Zainal Efendi Hasibuan. 2011. Hadis Tarbawi,
Membangun Kerangka Pendidikan Ideal Perspektif Rasuullah. Jakarta: Kalam
Mulia
8. Abuddin Nata. 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta:
Gaya Media Pratama
9. Kadar M. Yusuf. 2011. Tafsir Tarbawi. Pekanbaru, Riau:
Zanafa Publishing
10. Abin Syamsuddin Makmun. 2007. Psikologi Kependidikan: Perangkat
Sistem Pengajaran Modal. Bandung: Remaja Rosdakarya
11. Wina Wina Sanjaya. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem
Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
12. Zakiah Daradjat. 1995. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam.
Jakarta: Bumi Aksara.
13. Ahmad Tafsir. 2003. Metodologi
Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya
14. Ahmad Tafsir. 2007. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung:
Remaja Rosdakarya
15. Nana Sudjana. 1986. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.
Bandung: Sinar Baru Algesindo.
16. Zurinal Z dan Wahdi Sayuti. 2006. Ilmu Pendidikan, Pengantar dan
Dasar-Dasar Pelaksanaan Pendidikan. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta
dan UIN Jakarta Press
17. Darwyan Syah, et. al. 2006. Perencanaan Sistem Pengajaran
Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Faza Media
18. Munzier Suparta & Hery Noer Aly. 2002. Metodologi Pengajaran
Agama Islam. Jakarta: Amissco
19. Samsul Nizar dan Zainal Efendi Hasibuan. 2011. Hadis Tarbawi,
Membangun Kerangka Pendidikan Ideal
Perspektif Rasulullah. Jakarta: Kalam Mulia.
20. Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar
Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta