Rabu, 18 Maret 2015

Silabus Metode Pembelajaran




Silabus Perkuliahan

Perte
muan
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Metode
Sumber
1
Mengetahui pengertian, kedudukan, fungsi metode pembelajaran pendidikan agama Islam dalam pendidikan Islam
1. Mahasiswa dapat mengetahui pengertian metode pembelajaran pendidikan agama Islam
2. Mahasiswa dapat mengetahui kedudukan metode pengajaran agama dalam pendidikan Islam.
3. Mahasiswa dapat mengetahui fungsi metode pengajaran agama.
Pengertian, kedudukan, dan fungsi metode pembelajaran pendidikan agama Islam
Ceramah
Terlampir
2
Mengetahui tujuan dan peran guru dalam metode pembelajaran pendidikan agama Islam
(andika Yulianto)
1.    Dapat mengetahui tujuan metode pembelajaran pendidikan agama Islam dalam kegiatan belajar mengajar
2.    Dapat mengetahui peran guru mengaplikasikan metodologi pengajaran dalam kegiatan belajar mengajar.
Tujuan dan peran guru dalam metode pembelajaran pendidikan agama Islam
Diskusi
Terlampir
3
Mengetahui pengertian siswa, tipologi belajar siswa dan penerapan metodenya dalam pembelajaran pendidikan agama Islam
(Elya )
1.    Mahasiswa dapat mengetahui pengertian siswa berdasarkan al-Qur’an.
2.    Mahasiswa dapat mengetahui tipe belajar visual, ciri dan penerapan metodenya dalam pembelajaran.
3.    Mahasiswa dapat mengahui tipe belajar auditori, ciri dan penerapan metodenya dalam pembelajaran.
4.    Mahasiswa dapat mengetahui tipe kinestetik, ciri, dan penerapan metodenya dalam pembelajaran.
Pengertian siswa dan tipologi belajar siswa
Diskusi
Terlampir
4
Mengetahui ilmu jiwa belajar dalam metode pembelajaran PAI
(fitra)
1.    Mahasiswa dapat mengetahui definisi ilmu jiwa belajar.
2.    Mahasiswa dapat mengetahui aspek-aspek perkembangan dalam penentuan metode.
3.    Mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu jiwa dalam penerapan metode pengajaran agama
Ilmu jiwa belajar dalam metodologi pengajaran
Diskusi
Terlampir
5
Memahami desain metode ceramah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam
(Firman )
1.    Mahasiswa dapat mengetahui pengertian metode ceramah.
2.    Mahasiswa dapat menjelaskan dasar metode ceramah dalam al-Qur’an
3.    Mahasiswa dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan metode ceramah.
4.    Mahasiswa dapat membuat desain metode ceramah dalam pembelajaran.
Desain metode ceramah dalam pembelajaran agama Islam
Diskusi
Terlampir
6
Memahami desain metode diskusi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam.
(Hana)
1.    Mahasiswa dapat mengetahui pengertian metode diskusi.
2.    Mahasiswa dapat menjelaskan dasar metode diskusi dalam al-Qur’an.
3.    Mahasiswa dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan metode diskusi.
4.    Mahasiswa dapat membuat desain metode diskusi dalam pembelajaran.
Desain metode diskusi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam
Diskusi
Terlampir
7
Memahami desain metode tanya jawab dalam pembelajaran pendidikan agama Islam
(Kedriyadi)
1.    Mahasiswa dapat mengetahui pengertian metode tanya jawab.
2.    Mahasiswa dapat menjelaskan dasar metode tanya jawab dalam al-Qur’an.
3.    Mahasiswa dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan metode tanya jawab.
4.    Mahasiswa dapat membuat desain metode tanya jawab dalam pembelajaran.
Desain metode tanya jawab dalam pembelajaran pendidikan agama Islam
Diskusi
Terlampir
8
Memahami desain metode bercerita dalam pembelajaran pendidikan agama Islam
(Klyn)
1.    Mahasiswa dapat mengetahui pengertian metode bercerita.
5.    Mahasiswa dapat menjelaskan dasar metode bercerita dalam al-Qur’an.
6.    Mahasiswa dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan metode bercerita.
7.    Mahasiswa dapat membuat desain metode bercerita dalam pembelajaran.
Desain metode bercerita dalam pembelajaran pendidikan agama Islam
Diskusi
Terlampir
9
Ujian Tengah Semester (UTS)
Ujian Tengah Semester (UTS)
10
Memahami desain metode eksperimen dalam pembelajaran pendidikan agama Islam
( Mahdan Anshori)
1.    Mahasiswa dapat mengetahui pengertian metode eksperimen.
2.    Mahasiswa dapat menjelaskan dasar metode eksperimen dalam al-Qur’an.
3.    Mahasiswa dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan metode eksperimen.
4.    Mahasiswa dapat membuat desain metode eksperimen dalam pembelajaran.
Desain metode eksperimen dalam pembelajaran pendidikan agama Islam
Diskusi
Terlampir
11
Memahami desain metode drill dalam pembelajaran pendidikan agama Islam
(Thohir)
1.    Mahasiswa dapat mengetahui pengertian metode drill.
2.    Mahasiswa dapat menjelaskan dasar metode drill dalam al-Qur’an.
3.    Mahasiswa dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan metode drill.
4.    Mahasiswa dapat membuat desain metode drill dalam pembelajaran.
Desain metode drill dalam pembelajaran pendidikan agama Islam
Diskusi
Terlampir
12
Memahami desain metode resitasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam
(Ilyasa)
1.    Mahasiswa dapat mengetahui pengertian metode resitasi.
2.    Mahasiswa dapat menjelaskan dasar metode resitasi dalam al-Qur’an.
3.    Mahasiswa dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan metode resitasi.
4.    Mahasiswa dapat membuat desain metode resitasi dalam pembelajaran.
Desain metode resitasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam
Diskusi
Terlampir
13
Memahami desain metode demonstrasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam
(Nia )
1.    Mahasiswa dapat mengetahui pengertian metode demonstrasi.
2.    Mahasiswa dapat menjelaskan dasar metode demonstrasi dalam al-Qur’an.
3.    Mahasiswa dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan metode demonstrasi.
4.    Mahasiswa dapat membuat desain metode demonstrasi dalam pembelajaran.
Desain metode demonstrasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam
Diskusi
Terlampir
14
Memahami disain metode inquiri dalam pembelajaran
( Nur Hamim)
1.    Mahasiswa dapat mengetahui pengertian metode inquiri.
2.    Mahasiswa dapat menjelaskan dasar metode inquiry dalam al-Qur’an.
3.    Mahasiswa dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan metode inquiri.
4.    Mahasiswa dapat membuat desain metode inquiri dalam pembelajaran.
Desain metode inquiri dalam pembelajaran
Diskusi
Terlampir
15
Mahasiswa mempraktekkan penerapan matode ceramah dalam pembelajaran PAI
(Ramlan)
1.    Mahasiswa membuat desain metode ceramah
2.    Mahasiswa mempraktekkan metode ceramah dalam pembelajaran PAI
Desain dan Praktek Metode Ceramah
Demonstrasi
Terlampir
16
Mahasiswa mempraktekkan penerapan matode tanya jawab dalam pembelajaran PAI
(Siti Aisyah)
1.    Mahasiswa membuat desain metode ceramah
2.    Mahasiswa mempraktekkan metode ceramah dalam pembelajaran PAI
Desain dan Praktek Metode Tanya jawab
Demonstrasi
Terlampir
17
Evaluasi Mata Kuliah Metode Pembelajaran PAI 1
( Boby)
Evaluasi Mata Kuliah Metode Pembelajaran PAI 1
Evaluasi Mata Kuliah Metode Pembelajaran PAI 1
Diskusi
Terlampir
18
Ujian Akhir Semester (UAS)

Referensi

1.    Arifin, M. 1994. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
2.    al-Attas, Syed Muhammad al-Nuqaib. 1984. Konsep Pendidikan dalam Islam. terj. Haidar Bagir. Bandung: Mizan
3.    an-Nahlawi, Abdurrahman. 1996. Prinsip dan Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga, di Sekolah dan di Masyarakat. terj. Hery Noer Aly. Bandung: Diponegoro
4.    Qutb, Muhammad. 1993. Sistem Pendidikan Islam. terj. Salman Harun. Bandung: al-Ma’arif
5.    Ramayulis. 1994. Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia
6.    Abuddin Nata. 2009. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
7.    Samsul Nizar dan Zainal Efendi Hasibuan. 2011. Hadis Tarbawi, Membangun Kerangka Pendidikan Ideal Perspektif Rasuullah. Jakarta: Kalam Mulia
8.    Abuddin Nata. 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama
9.    Kadar M. Yusuf. 2011. Tafsir Tarbawi. Pekanbaru, Riau: Zanafa Publishing
10.  Abin Syamsuddin Makmun. 2007. Psikologi Kependidikan: Perangkat Sistem Pengajaran Modal. Bandung: Remaja Rosdakarya
11.  Wina Wina Sanjaya. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
12.  Zakiah Daradjat. 1995. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
13.  Ahmad Tafsir. 2003. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya
14.  Ahmad Tafsir. 2007. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya
15. Nana Sudjana. 1986. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
16.  Zurinal Z dan Wahdi Sayuti. 2006. Ilmu Pendidikan, Pengantar dan Dasar-Dasar Pelaksanaan Pendidikan. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta dan UIN Jakarta Press
17.  Darwyan Syah, et. al. 2006. Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Faza Media
18.  Munzier Suparta & Hery Noer Aly. 2002. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Amissco
19.  Samsul Nizar dan Zainal Efendi Hasibuan. 2011. Hadis Tarbawi, Membangun Kerangka  Pendidikan Ideal Perspektif Rasulullah. Jakarta: Kalam Mulia.
20.  Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta