Rabu, 15 April 2015

FAKTA DIBALIK KEMATIAN RAJA ABDULLAH PENGUASA ARAB SAUDI

image
M2000 – Pemirsa mungkin ada yang belum membaca atau mendengar kalau sang penguasa Arab sudah meninggal beberapa hari lalu.
Seperti dilansir dari the guardian , Jumat (23/1) dini hari kemarin Kerajaan sekaligus penduduk Arab Saudi tengah dilanda duka. Raja mereka yakni Abdullah bin Abdul Aziz disebutkan telah meninggal dunia.
Berita ini tentu saja membuat seluruh dunia turut memberikan ungkapan sedih mereka. Abdullah sendiri dikenal sebagai salah satu tokoh berpengaruh di kawasan Timur Tengah dan dunia.
Lewat kekuasaannya, Abdullah yang naik tahta pada 1 Agustus 2005 silam ini mengeluarkanbeberapa keputusan yang menimbulkan pro-
kontra. Namun lepas dari itu semua, Abdullah mampu memberikan pengaruh yang membuat dunia internasional sangat menghormati dirinya.

Berdasarkan data yang ada , Raja Abdullah meninggal karena Infeksi Paru.
Raja Abdullah bin Abdulaziz terlahir pada 1 Agustus 1924 dan meninggal di usia yang ke-91 tahun.
Kematian putra dari Raja Abdulaziz (Ibnu Saud) ini disebabkan oleh radang paru-paru (Pneumonia) yang dalam
beberapa kasus memang kerap menyerang orang-orang yang tinggal di iklim setengah-gurun…( kalau di indonesia mungkin awalnya ISPA ).
Abdullah sudah dirawat di rumah sakit
semenjak 31 Desember 2014 lalu.
Tiga minggu berada dalam perawatan intensif, kondisi Abdullah semakin memburuk. Hingga akhirnya raja bergelar Penjaga Dua Masjid Suci
ini menghembuskan nafas terakhirnya pada Jumat (23/1) dini hari pukul 01.00. Kabar kematian Abdullah pertama kali disebutkan oleh TV Arab Saudi yang kemudian memutarkan ayat-ayat Alquran seperti lazimnya jika ada seorang Raja Arab Saudi yang meninggal dunia.
Dan yang jadi masalah setelahnya adalah penggantinya.
Kini dengan kematian Abdullah, maka Salman ibnu Abdulaziz Al Saud naik tahta sebagai Raja terbaru. Salman menjabat sebagai Menteri Pertahanan sejak tahun 2011 dan pernah jadi Gubernur Provinsi Riyadh dari 1963-2011.
Salman ialah saudara tiri Abdullah tetapi saudara kandung Raja Fahd. Namun pengangkatan pria berusia 79 tahun diikuti oleh desas-desus bahwa dia merupakan penderita penyakit Demensia (pikun parah) dan Parkinson, meskipun pemerintah Arab Saudi
membantahnya. Dengan naiknya Putra
Mahkota Salman sebagai Raja, maka saudara tiri mendiang Raja Abdullah yakni Moqrin bin Abdulaziz naik sebagai Putra Mahkota yang baru.
Apa saja yang perlu pemirsa ketahui tentang Raja Abdullah ini, yuk simak ulasannya,
1. Kepala Negara Terkaya
Selain menjadi salah satu orang paling
berpengaruh di dunia, Abdullah juga menjadi kepala negara terkaya di dunia. Disebutkan Abdullah mempunyai kekayaan pribadi menyentuh USD 20 miliar (Rp 250 triliunan), seperti dilansir CBS News.
Dengan uang sebanyak itu, Abdullah mungkin bisa membeli beberapa pulau di Indonesia ( emang dijual ya ..)
Namun dirinya menggunakan harta dan keuangannya paling banyak untuk memerangi terorisme.
Dalam berbagai kebijakan dan pandangannya, Abdullah bahkan sangat gencar memerangi Al-Qaeda, kelompok ekstrimis yang membuat dunia global memandang Islam dengan negatif .
Abdullah sendiri punya impian untuk
memodernkan Kerajaan Muslim.
2. Tidak mau disebut ‘Yang Mulia’
image
Salah satu hal yang unik dari Abdullah adalah bagaimana dirinya tampak begitu bersahaja.
Raja keenam di Kerajaan Arab Saudi ini
memang sering menghabiskan waktu bersama suku Badui Arab ( admin heran, ini suku dimana-mana kog ada ya…) semenjak muda.
Ketika dirinya diangkat menjadi Raja sepuluh tahun lalu, Abdullah rupanya tidak mau disebut Yang Mulia dan tak mau tangannya dicium oleh rakyat,
seperti dilansir New York Times ( kalau pemimpin-pemimpin di Indonesia ? )
Beberapa kebijakan Abdullah pun mendapat sorotan dari dunia global. Seperti memotong tunjangan sekitar 7.000 Pangeran dan Putri Arab Saudi demi kesejahteraan rakyat. Pria yang dikenal alim dan taat beragama ini juga
melarang perempuan Muslim di Arab Saudi menyetir kendaraan karena dianggap tidak sesuai dengan dalil agama Islam. Abdullah pun sukses menahan gejolak Revolusi Arab tahun 2011 silam.
3. Punya 7 Istri dan 22 Anak
Dengan kekayaan lebih dari Rp 250 triliun yang dia miliki itu, tentu banyak dari pemirsa yang penasaran kan , mau di kemanakah larinya uang-uang itu selain untuk memerangi terorisme ? Tenang saja ( kita dapat tenang doang pemirsa ), karena itu semua akan digunakan oleh keluarga besar mendiang Raja Abdullah.
Karena Abdullah meninggalkan 7 orang istri, 22 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki0dan 15 anak perempuan.
Istri pertama Abdullah adalah Alanoud Al Fayez dan beberapa di antara lainnya ialah Jawahir binti Ali Hussein, Aida Fustuq, Munira Al Otaishan, Munira binti Abdullah Al Al-Shaykh, Tathi binti Mishan al Faisal al Jarba.
Anak lelaki tertua Abdullah, Pangeran Khaled menjadi Wakil Komandan Tentara Nasional Arab Saudi.
Lalu salah satu anak perempuannya, Putri Adila adalah sosok panutan kaum hawa di Arab Saudi yang menjadi pengacara dan selalu memperjuangkan hak perempuan.
Nah, itu fakta-fakta yang perlu pemirsa ketahui tentang Raja Abdullah.
Negara Yordania yang merupakan teman satu hatinya mengumumkan berkabung 40 Hari di negaranya.
Selama hidupnya, Raja Abdullah memang begitu disegani. Pria penganut Islam Sunni inibahkan ada di posisi ke-8 sebagai Orang Paling Berpengaruh di Dunia. Tak heran kalau ucapan duka pun mengalir dari berbagai tokoh
di seluruh dunia. Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga mengucapkan duka melalui akun Twitternya.
Lalu juga Presiden Amerika Serikat, Barack Obama yang turut berbelasungkawa.
image
Pertemuan Barrack Obama dan Raja Abdullah di kerajaan Arab Saudi
Mayoritas mereka memuji sosok Abdullah dalam pengaruhnya di dunia Islam dan dunia.