by mutawalli
Arti filsafat
Apakah
filsafat itu? Bagaimana definisinya? Demikianlah pertanyaan pertama
yang kita hadapi tatkala akan mempelajari ilmu filsafat. Istilah
“filsafat” dapat ditinjau dari dua segi, yakni:
- Segi semantik: perkataan filsafat berasal dari bahasa Arab ‘falsafah’, yang berasal dari bahasa Yunani, ‘philosophia’, yang berarti ‘philos’ = cinta, suka (loving), dan ‘sophia’ = pengetahuan, hikmah (wisdom). Jadi ‘philosophia’ berarti cinta kepada kebijaksanaan atau cinta kepada kebenaran. Maksudnya, setiap orang yang berfilsafat akan menjadi bijaksana. Orang yang cinta kepada pengetahuan disebut ‘philosopher’, dalam bahasa Arabnya ‘failasuf”. Pecinta pengetahuan ialah orang yang menjadikan pengetahuan sebagai tujuan hidupnya, atau perkataan lain, mengabdikan dirinya kepada pengetahuan.
- Segi praktis : dilihat dari pengertian praktisnya, filsafat berarti ‘alam pikiran’ atau ‘alam berpikir’. Berfilsafat artinya berpikir. Namun tidak semua berpikir bererti berfilsafat. Berfilsafat adalah berpikir secara mendalam dan sungguh-sungguh. Sebuah semboyan mengatakan bahwa “setiap manusia adalah filsuf”. Semboyan ini benar juga, sebab semua manusia berpikir. Akan tetapi secara umum semboyan itu tidak benar, sebab tidak semua manusia yang berpikir adalah filsuf. Filsuf hanyalah orang yang memikirkan hakikat segala sesuatu dengan sungguh-sungguh dan mendalam.
Tegasnya:
Filsafat adalah hasil akal seorang manusia yang mencari dan memikirkan
suatu kebenaran dengan sedalam-dalamnya. Dengan kata lain: Filsafat
adalah ilmu yang mempelajari dengan sungguh-sungguh hakikat kebenaran
segala sesuatu.
Beberapa definisi
Karena
luasnya lingkungan pembahasan ilmu filsafat, maka tidak mustahil kalau
banyak di antara para filsafat memberikan definisinya secara
berbeda-beda. Coba perhatikan definisi-definisi ilmu filsafat dari
filsuf Barat dan Timur di bawah ini:
- Plato (427SM – 347SM) seorang filsuf Yunani yang termasyhur murid Socrates dan guru Aristoteles, mengatakan: Filsafat adalah pengetahuan tentang segala yang ada (ilmu pengetahuan yang berminat mencapai kebenaran yang asli).
- Aristoteles (384 SM – 322SM) mengatakan : Filsafat adalah ilmu pengetahuan yang meliputi kebenaran, yang di dalamnya terkandung ilmu-ilmu metafisika, logika, retorika, etika, ekonomi, politik, dan estetika (filsafat menyelidiki sebab dan asas segala benda).
- Marcus Tullius Cicero (106 SM – 43SM) politikus dan ahli pidato Romawi, merumuskan: Filsafat adalah pengetahuan tentang sesuatu yang mahaagung dan usaha-usaha untuk mencapainya.
- Al-Farabi (meninggal 950M), filsuf Muslim terbesar sebelum Ibnu Sina, mengatakan : Filsafat adalah ilmu pengetahuan tentang alam maujud dan bertujuan menyelidiki hakikat yang sebenarnya.
- Immanuel Kant (1724 -1804), yang sering disebut raksasa pikir Barat, mengatakan : Filsafat itu ilmu pokok dan pangkal segala pengetahuan yang mencakup di dalamnya empat persoalan, yaitu:
- Apakah yang dapat kita ketahui? (dijawab oleh metafisika)
- Apakah yang dapat kita kerjakan? (dijawab oleh etika)
- Sampai di manakah pengharapan kita? (dijawab oleh antropologi)
- Prof. Dr. Fuad Hasan, guru besar psikologi UI, menyimpulkan: Filsafat adalah suatu ikhtiar untuk berpikir radikal, artinya mulai dari radiksnya suatu gejala, dari akarnya suatu hal yang hendak dimasalahkan. Dan dengan jalan penjajakan yang radikal itu filsafat berusaha untuk sampai kepada kesimpulan-kesimpulan yang universal.
- Drs H. Hasbullah Bakry merumuskan: ilmu filsafat adalah ilmu yang menyelidiki segala sesuatu dengan mendalam mengenai ketuhanan, alam semesta dan manusia, sehingga dapat menghasilkan pengetahuan tentang bagaimana hakikatnya sejauh yang dapat dicapai oleh akal manusia, dan bagaimana sikap manusia itu seharusnya setelah mencapai pengetahuan itu.
Kesimpulan
Setelah mempelajari rumusan-rumusan tersebut di atas dapatlah disimpulkan bahwa:
- Filsafat adalah ‘ilmu istimewa’ yang mencoba menjawab masalah-masalah yang tidak dapat dijawab oleh ilmu pengetahuan biasa karena masalah-masalah tersebut di luar jangkauan ilmu pengetahuan biasa.
- Filsafat adalah hasil daya upaya manusia dengan akal budinya untuk memahami atau mendalami secara radikal dan integral serta sistematis hakikat sarwa yang ada, yaitu:
- Hakikat Tuhan,
- Hakikat alam semesta, dan
- Hakikat manusia,
serta
sikap manusia sebagai konsekuensi dari paham tersebut. Perlu ditambah
bahwa definisi-definisi itu sebenarnya tidak bertentangan, hanya cara
mengesahkannya saja yang berbeda.
2. Cara membatasi filsafat
Karena
sangat luasnya lapangan ilmu filsafat, maka menjadi sukar pula orang
mempelajarinya, dari mana hendak dimulai dan bagaimana cara membahasnya
agar orang yang mempelajarinya segera dapat mengetahuinya.
Pada
zaman modern ini pada umunya orang telah sepakat untuk mempelajari ilmu
filsafat itu dengan dua cara, yaitu dengan memplajari sejarah
perkembangan sejak dahulu kala hingga sekarang (metode historis), dan
dengan cara mempelajari isi atau lapangan pembahasannya yang diatur
dalam bidang-bidang tertentu (metode sistematis).
Dalam
metode historis orang mempelajari perkembangan aliran-aliran filsafat
sejak dahulu kala sehingga sekarang. Di sini dikemukakan riwayat hidup
tokoh-tokoh filsafat di segala masa, bagaimana timbulnya aliran
filsafatnya tentang logika, tentang metafisika, tentang etika, dan
tentang keagamaan. Seperti juga pembicaraan tentang zaman purba
dilakukan secara berurutan (kronologis) menurut waktu masing masing.
Dalam
metode sistematis orang membahas langsung isi persoalan ilmu filsafat
itu dengan tidak mementingkan urutan zaman perjuangannya masing-masing.
Orang membagi persoalan ilmu filsafat itu dalam bidang-bidang yang
tertentu. Misalnya, dalam bidang logika dipersoalkan mana yang benar dan
mana yang salah menurut pertimbangan akal, bagaimana cara berpikir yang
benar dan mana yang salah. Kemudian dalam bidang etika dipersoalkan
tentang manakah yang baik dan manakah yang baik dan manakah yang buruk
dalam pembuatan manusia. Di sini tidak dibicarakan persoalan-persoalan
logika atau metafisika. Dalam metode sistematis ini para filsuf kita
konfrontasikan satu sama lain dalam bidang-bidang tertentu. Misalnya
dalam soal etika kita konfrontasikan saja pendapat pendapat filsuf zaman
klasik (Plato dan Aristoteles) dengan pendapat filsuf zaman pertengahan
(Al-Farabi atau Thimas Aquinas), dan pendapat filsuf zaman ‘aufklarung’
(Kant dan lain-lain) dengan pendapat-pendapat filsuf dewasa ini
(Jaspers dan Marcel) dengan tidak usah mempersoalkan tertib periodasi
masing-masing. Begitu juga dalam soal-soal logika, metafisika, dan
lain-lain.
3. Cabang-cabang filsafat
Telah
kita ketahui bahwa filsafat adalah sebagai induk yang mencakup semua
ilmu khusus. Akan tetapi, dalam perkembangan selanjutnya ilmu-ilmu
khusus itu satu demi satu memisahkan diri dari induknya, filsafat.
Mula-mula matematika dan fisika melepaskan diri, kemudian diikuti oleh
ilmu-ilmu lain. Adapun psikologi baru pada akhir-akhir ini melepaskan
diri dari filsafat, bahkan di beberapa insitut, psikologi masih terpaut
dengan filsafat.
Setelah
filsafat ditinggalkan oleh ilmu-ilmu khusus, ternyata ia tidak mati,
tetapi hidup dengan corak baru sebagai ‘ilmu istimewa’ yang memecahkan
masalah yang tidak terpecahkan oleh ilmu-ilmu khusus. Yang menjadi
pertanyaan ialah : apa sajakah yang masih merupakan bagian dari filsafat
dalam coraknya yang baru ini? Persoalan ini membawa kita kepada
pembicaraan tentang cabang-cabang filsafat.
Ahli filsafat biasanya mempunyai pembagian yang berbeda-beda. Coba perhatikan sarjana-sarjana filsafat di bawah ini:
1. H. De Vos menggolongkan filsafat sebagai berikut:
” metafisika,
” logika,
” ajaran tentang ilmu pengetahuan
” filsafat alam
” filsafat sejarah
” etika,
” estetika, dan
” antropologi.
2. Prof. Albuerey Castell membagi masalah-masalah filsafat menjadi enam bagian, yaitu:
” masalah teologis
” masalah metafisika
” masalah epistomologi
” masalah etika
” masalah politik, dan
” masalah sejarah
3
Dr. Richard H. Popkin dan Dr Avrum Astroll dalam buku mereka,
Philosophy Made Simple, membagi pembahasan mereka ke dalam tujuh bagian,
yaitu:
” Section I Ethics
” Section II Political Philosophy
” Section III Metaphysics
” Section IV Philosophy of Religion
” Section V Theory of Knowledge
” Section VI Logics
” Section VII Contemporary Philosophy,
4. Dr. M. J. Langeveld mengatakan: Filsafat adalah ilmu Kesatuan yang terdiri atas tiga lingkungan masalah:
” lingkungan masalah keadaan (metafisika manusia, alam dan seterusnya)
” lingkungan masalah pengetahuan (teori kebenaran, teori pengetahuan, logika)
” lingkungan masalah nilai (teori nilai etika, estetika yangb ernilai berdasarkan religi)
5. Aristoteles, murid Plato, mengadakan pembagian secara kongkret dan sistematis menjadi empat cabang, yaitu:
a) Logika. Ilmu ini dianggap sebagai ilmu pendahuluan bagi filsafat.
b) Filsafat teoretis. Cabang ini mencangkup:
” ilmu fisika yang mempersoalkan dunia materi dari alam nyata ini,
” ilmu matematika yang mempersoalkan hakikat segala sesuatu dalam kuantitasnya,
” ilmu metafisika yang mempersoalkan hakikat segala sesuatu. Inilah yang paling utama dari filsafat.
c) Filsafat praktis. Cabang ini mencakup:
” ilmu etika. yang mengatur kesusilaan dan kebahagiaan dalam hidup perseorang
” ilmu ekonomi, yang mengatur kesusilaan dan kemakmuran di dalam negara.
d) Filsafat poetika (Kesenian).
Pembagian
Aristoteles ini merupakan permulaan yang baik sekali bagi perkembangan
pelajaran filsafat sebagai suatu ilmu yang dapat dipelajari secara
teratur. Ajaran Aristoteles sendiri, terutama ilmu logika, hingga
sekarang masih menjadi contoh-contoh filsafat klasik yang dikagumi dan
dipergunakan.
Walaupun
pembagian ahli yang satu tidak sama dengan pembagian ahli-ahli lainnya,
kita melihat lebih banyak persamaan daripada perbedaan. Dari pandangan
para ahli tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa filsafat dalam
coraknya yang baru ini mempunyai beberapa cabang, yaitu metafisika,
logika, etika, estetika, epistemologi, dan filsafat-filsafat khusus
lainnya.
- Metafisika: filsafat tentang hakikat yang ada di balik fisika, hakikat yang bersifat transenden, di luar jangkauan pengalaman manusia.
- Logika: filsafat tentang pikiran yang benar dan yang salah.
- Etika: filsafat tentang perilaku yang baik dan yang buruk.
- Estetika: filsafat tentang kreasi yang indah dan yang jelek.
- Epistomologi: filsafat tentang ilmu pengetahuan.
- Filsafat-filsafat khusus lainnya: filsafat agama, filsafat manusia, filsafat hukum, filsafat sejarah, filsafat alam, filsafat pendidikan, dan sebagainya.
Seperti
telah dikatakan, ilmu filsafat itu sangat luas lapangan pembahasannya.
Yang ditujunya ialah mencari hakihat kebenaran dari segala sesuatu, baik
dalam kebenaran berpikir (logika), berperilaku (etika), maupun dalam
mencari hakikat atau keaslian (metafisika). Maka persoalannya menjadi
apakah sesuatu itu hakiki (asli) atau palsu (maya).
Dari
tinjauan di atas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa dalam tiap-tiap
pembagian sejak zaman Aristoteles hingga dewasa ini lapangan-lapangan
yang paling utama dalam ilmu filsafat selalu berputar di sekitar logika,
metafisika, dan etika.
4. Tujuan, fungsi dan manfaat filsafat
Menurut
Harold H. Titus, filsafat adalah suatu usaha memahami alam semesta,
maknanya dan nilainya. Apabila tujuan ilmu adalah kontrol, dan tujuan
seni adalah kreativitas, kesempurnaan, bentuk keindahan komunikasi dan
ekspresi, maka tujuan filsafat adalah pengertian dan kebijaksanaan
(understanding and wisdom).
Dr
Oemar A. Hoesin mengatakan: Ilmu memberi kepada kita pengatahuan, dan
filsafat memberikan hikmah. Filsafat memberikan kepuasan kepada
keinginan manusia akan pengetahuan yang tersusun dengan tertib, akan
kebenaran.
S.
Takdir Alisyahbana menulis dalam bukunya: filsafat itu dapat memberikan
ketenangan pikiran dan kemantapan hati, sekalipun menghadapi maut.
Dalam tujuannya yang tunggal (yaitu kebenaran) itulah letaknya
kebesaran, kemuliaan, malahan kebangsawanan filsafat di antara kerja
manusia yang lain. Kebenaran dalam arti yang sedalam-dalamnya dan
seluas-luasnya baginya, itulah tujuan yang tertinggi dan satu-satunya.
Bagi manusia, berfilsafat itu bererti mengatur hidupnya
seinsaf-insafnya, senetral-netralnya dengan perasaan tanggung jawab,
yakni tanggung jawab terhadap dasar hidup yang sedalam-dalamnya, baik
Tuhan, alam, atau pun kebenaran.
Radhakrishnan
dalam bukunya, History of Philosophy, menyebutkan: Tugas filsafat
bukanlah sekadar mencerminkan semangat masa ketika kita hidup, melainkan
membimbingnya maju. Fungsi filsafat adalah kreatif, menetapkan nilai,
menetapkan tujuan, menentukan arah dan menuntun pada jalan baru.
Filsafat hendaknya mengilhamkan keyakinan kepada kita untuk menompang
dunia baru, mencetak manusia-manusia yang menjadikan
penggolongan-penggolongan berdasarkan ‘nation’, ras, dan keyakinan
keagamaan mengabdi kepada cita mulia kemanusiaan. Filsafat tidak ada
artinya sama sekali apabila tidak universal, baik dalam ruang lingkupnya
maupun dalam semangatnya.
Studi
filsafat harus membantu orang-orang untuk membangun keyakinan keagamaan
atas dasar yang matang secara intelektual. Filsafat dapat mendukung
kepercayaan keagamaan seseorang, asal saja kepercayaan tersebut tidak
bergantung pada konsepsi prailmiah yang usang, yang sempit dan yang
dogmatis. Urusan (concerns) utama agama ialah harmoni, pengaturan,
ikatan, pengabdian, perdamaian, kejujuran, pembebasan, dan Tuhan.
Berbeda
dengan pendapat Soemadi Soerjabrata, yaitu mempelajari filsafat adalah
untuk mempertajamkan pikiran, maka H. De Vos berpendapat bahwa filsafat
tidak hanya cukup diketahui, tetapi harus dipraktekkan dalam hidup
sehari-sehari. Orang mengharapkan bahwa filsafat akan memberikan
kepadanya dasar-dasar pengetahuan, yang dibutuhkan untuk hidup secara
baik. Filsafat harus mengajar manusia, bagaimana ia harus hidup secara
baik. Filsafat harus mengajar manusia, bagaimana ia harus hidup agar
dapat menjadi manusia yang baik dan bahagia.
Dari
uraian di atas dapat disimpulkan bahwa tujuan filsafat adalah mencari
hakikat kebenaran sesuatu, baik dalam logika (kebenaran berpikir), etika
(berperilaku), maupun metafisik (hakikat keaslian).
5. Aliran-aliran dalam filsafat
Aliran-aliran
yang terdapat dalam filsafat sangat banyak dan kompleks. Di bawah ini
akan kita bicarakan aliran metafisika, aliran etika, dan aliran-aliran
teori pengetahuan.
a. Aliran-aliran metafisika
Menurut
Prof. S. Takdir Alisyahbana, metafisika ini dibagi menjadi dua golongan
besar, yaitu : (1) yang mengenai kuantitas (jumlah) dan (2) yang
mengenai kualitas (sifat).Yang mengenai kuantitas terdiri atas
(a)monisme, (b) dualisme, dan (c) pluralisme. Monisme adalah aliran yang
mengemukakan bahwa unsur pokok segala yang ada ini adalah esa (satu).
Menurut Thales: air menurut Anaximandros: ‘apeiron’ menurut Anaximenes:
udara. Dualisme adalah aliran yang berpendirian bahwa unsur pokok sarwa
yang ada ini ada dua, yaitu roh dan benda. Pluralisme adalah aliran yang
berpendapat bahwa unsur pokok hakikat kenyataan ini banyak. Menurut
Empedokles: udara, api, air dan tanah.
Yang
mengenai kualitas dibagi juga menjadi dua bagian besar, yakni (a) yang
melihat hakikat kenyataan itu tetap, dan (b) yang melihat hakikat
kenyataan itu sebagai kejadian.
Yang termasuk golongan pertama (tetap) ialah:
” Spiritualisme, yakni aliran yang berpendapat bahwa hakikat itu bersifat roh.
” Materialisme, yakni aliran yang berpendapat bahwa hakikat itu bersifat materi.
Yang termasuk golongan kedua (kejadian) ialah:
” Mekanisme, yakni aliran yang berkeyakinan bahwa kejadian di dunia ini berlaku dengan sendirinya menurut hukum sebab-akibat.
”
Aliran teleologi, yakni aliran yang berkeyakinan bahwa kejadian yang
satu berhubungan dengan kejadian yang lain, bukan oleh hukum
sebab-akibat, melainkan semata-mata oleh tujuan yang sama.
”
Determinisme, yaitu aliran yang mengajarkan bahwa kemauan manusia itu
tidak merdeka dalam mengambil putusan-putusan yang penting, tetapi
sudah terpasti lebih dahulu.
” Indeterminisme, yaitu aliran yang berpendirian bahwa kemauan manusia itu bebas dalam arti yang seluas-luasnya.
b. Aliran-aliran etika
Aliran-aliran penting dalam etika banyak sekali, diantaranya ialah:
1)
Aliran etika nuturalisme, yaitu aliran yang beranggapan bahwa
kebahagiaan manusia itu diperoleh dengan menurutkan panggilan
natural (fitrah) kejadian manusia sekali.
2)
Aliran etika hedonisme, yaitu aliran yang berpendapat bahwa perbuatan
susila itu ialah perbuatan yang menimbulkan ‘hedone’ (kenikmatan
dan kelezatan).
3)
Aliran etika utilitarianisme, yaitu aliran yang menilai baik dan
buruknya perbuatan manusia ditinjau dari kecil dan besarnya manfaat
bagi manusia (utility = manfaat).
4)
Aliran etika idealisme, yaitu aliran yang menilai baik buruknya
perbuatan manusia janganlah terikat pada sebab-musabab lahir, tetapi
haruslah didasarkan atas prinsip kerohanian (idea) yang lebih tinggi.
5)
Aliran etika vitalisme, yaitu aliran yang menilai baik-buruknya
perbuatan manusia itu sebagai ukuran ada atau tidak adanya daya hidup
(vital) yang maksimum mengendalikan perbuatan itu.
6)
Aliran etika theologis, yaitu aliran yang berkeyakinan bahwa ukuran
baik dan buruknya perbuatan manusia itu dinilai dengan sesuai atau
tidak sesuainya dengan perintah Tuhan (Theos = Tuhan).
c. Aliran-aliran teori pengetahuan
Aliran ini mencoba menjawab pertanyaan, bagaimana manusia mendapat pengetahuannya sehingga pengetahuan itu benar dan berlaku.
Pertama, golongan yang mengemukakan asal atau sumber pengetahuan. Termasuk ke dalamnya:
- Rationalisme, yaitu aliran yang mengemukakan bahwa sumber pengetahuan manusia ialah pikiran, rasio dan jiwa manusia.
- Empirisme, yaitu aliran yang mengatakan bahwa pengetahuan manusia itu berasal dari pengalaman manusia, dari dunia luar yang ditangkap pancainderanya.
- Kritisisme (transendentalisme), yaitu aliran yang berpendapat bahwa pengetahuan manusia itu berasal dari luar maupun dari jiwa manusia itu sendiri.
- Kedua, golongan yang mengemukakan hakikat pengetahuan manusia. Termasuk ke dalamnya:
- Realisme, yaitu aliran yang berpendirian bahwa pengetahuan manusia itu adalah gambar yang baik dan tepat dari kebenaran dalam pengetahuan yang baik tergambarkan kebenaran seperti sungguh-sungguhnya ada.
- Idealisme, yaitu aliran yang berpendapat bahwa pengetahuan itu tidak lain daripada kejadian dalam jiwa manusia, sedangkan kenyataan yang diketahui manusia itu sekaliannya terletak di luarnya.
d. Aliran-aliran lainnya dalam filsafat
Di samping aliran-aliran di atas, masih banyak aliran yang lain dalam filsafat. Aliran-aliran itu antara lain ialah:
- Eksistensialisme, yaitu aliran yang berpendirian bahwa filsafat harus bertitik tolak pada manusia yang kongkret, yaitu manusia sebagai eksistensi, dan sehubungan dengan titik tolak ini. maka bagi manusia eksistensi itu mendahului esensi.
- Pragmatisme, yaitu aliran yang beranggapan bahwa benar dan tidaknya sesuatu ucapan, dalil, atau teori, semata-mata bergantung pada berfaedah atau tidaknya ucapan, dalil atau teori tersebut bagi manusia untuk bertindak di dalam kehidupannya.
- Fenomenologi, yaitu aliran yang berpendapat bahwa hasrat yang kuat untuk mengerti yang sebenarnya dan keyakinan bahwa pengertian itu dapat dicapai jika kita mengamati fenomena atau pertemuan kita dengan realitas.
- Positivisme, yaitu aliran yang berpendirian bahwa filsafat hendaknya semata-mata berpangkal pada peristiwa yang positif, artinya peristiwa-peristiwa yang dialami manusia.
- Aliran filsafat hidup, yaitu aliran yang berpendapat bahwa berfilsafat barulah mungkin jika rasio dipadukan dengan seluruh kepribadian sehingga filsafat itu tidak hanya hal yang mengenai berpikir saja, tetapi juga mengenai ada, yang mengikutkan kehendak, hati, dan iman, pendeknya seluruh hidup.
6. Filsafat, agama, dan ilmu pengetahuan
a. Filsafat dan agama
Dalam
buku Filsafat Agama karangan Dr. H. Rosjidi diuraikan tentang perbedaan
filsafat dengan agama, sebab kedua kata tersebut sering dipahami secara
keliru.
Filsafat
- Filsafat berarti berpikir, jadi yang penting ialah ia dapat berpikir.
- Menurut William Temple, filsafat adalah menuntut pengetahuan untuk memahami.
- C.S. Lewis membedakan ‘enjoyment’ dan ‘contemplation’, misalnya laki-laki mencintai perempuan. Rasa cinta disebut ‘enjoyment’, sedangkan memikirkan rasa cintanya disebut ‘contemplation’, yaitu pikiran si pecinta tentang rasa cintanya itu.
- Filsafat banyak berhubungan dengan pikiran yang dingin dan tenang.
- Filsafat dapat diumpamakan seperti air telaga yang tenang dan jernih dan dapat dilihat dasarnya.
- Seorang ahli filsafat, jika berhadapan dengan penganut aliran atau paham lain, biasanya bersikap lunak.
- Filsafat, walaupun bersifat tenang dalam pekerjaannya, sering mengeruhkan pikiran pemeluknya.
- Ahli filsafat ingin mencari kelemahan dalam tiap-tiap pendirian dan argumen, walaupun argumenya sendiri.
Agama
- Agama berarti mengabdikan diri, jadi yang penting ialah hidup secara beragama sesuai dengan aturan-aturan agama itu.
- Agama menuntut pengetahuan untuk beribadat yang terutama merupakan hubungan manusia dengan Tuhan.
- Agama dapat dikiaskan dengan ‘enjoyment’ atau rasa cinta seseorang, rasa pengabdian (dedication) atau ‘contentment’.
- Agama banyak berhubungan dengan hati.
- Agama dapat diumpamakan sebagai air sungai yang terjun dari bendungan dengan gemuruhnya.
- Agama, oleh pemeluk-pemeluknya, akan dipertahankan dengan habis-habisan, sebab mereka telah terikat dn mengabdikan diri.
- Agama, di samping memenuhi pemeluknya dengan semangat dan perasaan pengabdian diri, juga mempunyai efek yang menenangkan jiwa pemeluknya.
- Filsafat penting dalam mempelajari agama.
Demikianlah antara lain perbedaan yang terdapat dalam filsafat dan agama menurut Dr. H. Rosjidi.
b. Filsafat dan ilmu pengetahuan
Apakah
hubungan antara filsafat dengan ilmu pengetahuan? Oleh Louis Kattsoff
dikatakan: Bahasa yang pakai dalam filsafat dan ilmu pengetahuan dalam
beberapa hal saling melengkapi. Hanya saja bahasa yang dipakai dalam
filsafat mencoba untuk berbicara mengenai ilmu pengetahuan, dan bukanya
di dalam ilmu pengetahuan. Namun, apa yang harus dikatakan oleh seorang
lmuwan mungkin penting pula bagi seorang filsuf.
Pada
bagian lain dikatakan: Filsafat dalam usahanya mencari jawaban atas
pertanyaan-pertanyaan pokok yang kita ajukan harus memperhatikan
hasil-hasil ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan dalam usahanya menemukan
rahasia alam kodrat haruslah mengetahui anggapan kefilsafatan mengenai
alam
kodrat tersebut. Filsafat mempersoalkan istilah-istilah terpokok dari
ilmu pengetahuan dengan suatu cara yang berada di luar tujuan dan metode
ilmu pengetahuan.
Dalam
hubungan ini Harold H. Titus menerangkan: Ilmu pengetahuan mengisi
filsafat dengan sejumlah besar materi yang faktual dan deskriptif, yang
sangat perlu dalam pembinaan suatu filsafat. Banyak ilmuwan yang juga
filsuf. Para filsuf terlatih di dalam metode ilmiah, dan sering pula
menuntut minat khusus dalam beberapa ilmu sebagai berikut:
1) Historis, mula-mula filsafat identik dengan ilmu pengetahuan, sebagaimana juga filsuf identik dengan ilmuwan.
2) Objek material ilmu adalah alam dan manusia. Sedangkan objek material filsafat adalah alam, manusia dan ketuhanan.
c. Bedanya filsafat dengan ilmu-ilmu lain.
1)
Filsafat menyelidiki, membahas, serta memikirkan seluruh alam
kenyataan, dan menyelidiki bagaimana hubungan kenyataan satu sama lain.
Jadi ia memandang satu kesatuan yang belum dipecah-pecah serta
pembahasanya secara kesuluruhan. Sedangkan ilmu-ilmu lain atau ilmu vak
menyelidiki hanya sebagian saja dari alam maujud ini, misalnya ilmu
hayat membicarakan tentang hewan, tumbuh-tumbuhan dan manusia; ilmu bumi
membicarakan tentang kota, sungai, hasil bumi dan sebagainya.
2)
Filsafat tidak saja menyelidiki tentang sebab-akibat, tetapi
menyelidiki hakikatnya sekaligus. Sedangkan ilmu vak membahas tentang
sebab dan akibat suatu peristiwa.
3)
Dalam pembahasannya filsafat menjawab apa ia sebenarnya, dari mana
asalnya, dan hendak ke mana perginya. Sedangkan ilmu vak harus menjawab
pertanyaan bagaimana dan apa sebabnya.
Sebagian
orang menganggap bahwa filsafat merupakan ibu dari ilmu-ilmu vak.
Alasannya ialah bahwa ilmu vak sering menghadapi kesulitan dalam
menentukan batas-batas lingkungannya masing-masing. Misalnya batas
antara ilmu alam dengan ilmu hayat, antara sosiologi dengan antropologi.
Ilmu-ilmu itu dengan sendirinya sukar menentukan batas-batas
masing-masing. Suatu instansi yang lebih tinggi, yaitu ilmu filsafat,
itulah yang mengatur dan menyelesaikan hubungan dan perbedaan
batas-batas antara ilmu-ilmu vak tersebut.
7. Rangkuman
Filsafat
adalah ilmu pengetahuan yang menyelidiki segala sesuatu, dengan mencari
sebab-sebab terdalam, berdasarkan kekuatan pikiran manusia sendiri.
Ilmu pengetahuan adalah kumpulan pengetahuan mengenai suatu hal tertentu
(objek atau lapangannya), yang merupakan kesatuan yang sistematis, dan
memberikan penjelasan yang dapat dipertanggungjawabkan dengan
menunjukkan
sebab-sebab hal itu.
Jadi
berarti ada metode, ada sistem, ada satu pandangan yang dipersatukan
(memberi sintesis), dan yang dicari ialah sebab-sebabnya. Demikian
filsafat mempunyai metode dan sistem sendiri dalam usahanya untuk
mencari hakikat dari segala sesuatu, dan yang dicari ialah sebab-sebab
yang terdalam. Ilmu-ilmu pengetahuan dirinci menurut lapangan atau objek
dan sudut pandangan. Objek dan sudut pandangan filsafat disebut juga
dalam definisinya, yaitu “segala sesuatu”.
Lapangan
filsafat sangat jelas; ia meliputi segala apa yang ada.
Pertanyaan-pertanyaan kita itu mengenai kesemuanya yang ada, tak ada
yang dikecualikan. Hal-hal yang tidak kentara pun (seperti jiwa manusia,
kebaikan,
kebenaran, bahkan Tuhan sendiri pun) dipersoalkan. Lapangan yang sangat
luas ini nanti kita bagi-bagi ke dalam beberapa lapangan pokok.
Sebab-sebab yang terdalam Dengan ini ditunjuk sudut pandangan, aspek khusus, sudut khusus yang
dipelajari
dalam segala sesuatu itu. Sudut pandangan (juga disebut “object
formal”) ini yang membedakan berbagai ilmu pengetahuan yang mengenai
objek atau lapangan yang sama. Misalnya ilmu kedoktoran mempelajari
manusia dilihat dari sudut tubuhnya yang sakit dan harusnya disembuhkan,
sosiologi mempelajari manusia dalam sudut kemasyarakatan. Demikianlah
filsafat mempelajari dalam segala sesuatu itu ialah keterangan yang
penghabisan, yang terakhir, dan terdalam, sampai habis, sampai pada
sebab yang terakhir. Yang kita cari ialah kebijaksanaan, hakikat dari
seluruh kenyataan, intisari dan esensi dari semua yang ada.
Kekuatan pikiran manusia sendiri
Dengan
ini ditunjuk alat yang kita gunakan dalam usaha kita untuk mencapai
kebijaksanaan itu, yaitu pikiran kita sendiri. Ini membedakan filsafat
dari teologi (ilmu ke-Allahan) yang juga mengenai segala sesuatu, tetapi
yang berdasarkan wahyu Tuhan. Filsafat tidak berdasarkan wahyu Tuhan,
tidak meminta pertolongan dari Kitab Suci, tetapi berdasarkan asas-asas
dan dasar-dasarnya hanya dengan cara analisis-analisis oleh pikiran kita
sendiri. Justru karena itu, filsafat dapat merumuskan hukum-hukum yang
berlaku umum, bagi setiap orang, terserah agama mana yang dianutnya.
Akantetapi, ini pun kelemahan filsafat: jika hanya filsafat saja yang
cukup dipakai sebagai pegangan hidup, pandangan hidup, maka ini tidak
cukup, sebab banyak pertanyaan yang tidak dapat dijawab dengan 100%
memuaskan oleh filsafat, sedangkan filsafat sendiri dalam usahanya
mencari hakikat dari seluruh kenyataan menunjuk kepada Tuhan sebagai
sumber terakhir dan sebab pertama. (Jadi, sebetulnya filsafat dan agama
!! tidak bertentangan, tetapi saling melengkapi).
+++
Karena
sangat luasnya lapangan yang diselidiki dan sulit serta
berbelit-belitnya soal-soal yang dihadapi maka lapangan yang sangat luas
ini dibagi-bagi ke dalam beberapa lapangan pokok agar penyelidikan
dapat dilakukan dengan sistemis dan baik. Pembagian ini diadakan secara
induksi, yaitu dengan melihat dulu persoalan-persoalan mana yang timbul
dan minta diselesaikan.
a. Tentang pengetahuan (alat untuk mencapai ‘insight’ itu)
1) Logika formal (logic)
Membentangkan
hukum-hukum yang harus ditaati agar kita berpikir dengan lurus dan baik
dan dapat mencapai kebenaran. Ini akan dipelajari lebih lanjut dalam
masa akan datang.
2) Kritika atau logika material (epistemology)
Memandangkan
isi pengetahuan kita, sumber-sumbernya, proses terjadinya pengetahuan,
dan memberikan pertanggungjawaban tentang kemungkinan dan batas-batas
pengetahuan kita (soal kekeliruan, kepastian, dan sebagainya).
b. Tentang pertanyaan dan sebab-sebabnya yang terdalam
3) Metafisika (ontology/metaphysics)
Mengupas
apa ertinya “ada” itu, apa tujuannya, apa sebab-sebabnya, dan mencari
hakikat dari semua barang yang ada (hylemorphisme)
4) Theodycea atau teologia naturalis (natural theology)
Merupakan
konsekuensi terakhir dari penyelidikan filsafat, dengan menunjukkan
sebab pertama dan tujuan terakhir; mencari berdasarkan kekuatan pikiran
manusia sendiri bukti-bukti tentang adanya Tuhan, sifat-sifat-Nya, dan
hubunganNya dengan dunia.
c. Tentang manusia dan dunia
5) Filsafat tentang manusia (philosophy of man)
(Juga
sering disebut antropologia metafisika atau psikologia metafisika). Ini
merupakan inti dan pangkalan dari seluruh filsafat: Orang mengetahui
tentang “ada” itu dari adanya sendiri. Maka diselidiki apa kodrat
(nature) manusia itu, bagaimana susunannya atas badan dan jiwa,
bagaimana terjadinya pengetahuan, apa kehendak bebas, apa arti dan
peranan keinderaan dan perasaan, apa arti kepribadian, dan sebagainya.
6) Kosmologia (philosophy of nature)
Mempersoalkan dunia material, susunannya, aturannya, mencari hakikat dari waktu dan tempat, gerakan, hidup, dan sebagainya.
d. Tentang kesusilaan
7) Etika atau filsafat moral (ethics)
Membentangkan
apa yang baik, apa yang buruk, apa ukuran-ukurannya, bagaimana dan
mengapa manusia terikat oleh aturan-aturan ke susilaan, bagaimana kita
dipimpin oleh suara batin, bagaimana tujuan hidup dapat kita capai, dan
sebagainya.
Etika sosial
Merupakan
bagian dari etika yang sangat penting pula, yaitu yang membicarakan
norma-norma hidup kemasyarakatan (keluarga, negara internasional).
e. Lain-lain
Lapangan-lapangan
yang tersebut di atas merupakan lapangan-lapangan pokok dari filsafat.
Di samping. Di samping itu ada beberapa lapangan yang penting pula, yang
merupakan rincian legih lanjut, penerapan asa-asas filsafat pada
lapangan-lapangan hidup tertentu. Antara lain: asas-asas filsafat pada
lapangan-lapangan hidup tertentu. Antara lain:
” filsafat kebudayaan (kombinasi etika dan filsafat tentang manusia).
” filsafat kesenian atau estetika, praktis
” filsafat hukum
” filsafat tentang sejarah, bahasa, ekonomi, teknik, agama, kerja dan lain-lain.
Kepentingan filsafat
Akhirnya
sepatah kata tentang kepentingan filsafat. Filsafat sering dianggap
teori belaka, yang jauh dari kenyataan hidup konkret. Akan tetapi,
filsafat ada segi praktisnya juga. Sikap dan pandangan yang
dipertanggungjawabkan, seperti yang kita cari dalam filsafat, dengan
sendirinya akan mempengaruhi sikap kita praktis juga. Kebijaksanaan
tidak hanya berarti “pengetahuan yang mendalam”, tetapi juga “sikap
hidup yang benar”, yang tepat, sesuai dengan pengetahuan yang telah
dicapai itu.
Ini
nampak dengan jelas terutama pada pelajaran etika dan logika yang
bersama-sama memberikan pegangan dan bimbingan kepada pikiran dan kepada
kehendak, agar hidup dengan ‘benar’ dan ‘baik’. maka konkretnya:
1)
Filsafat menolong mendidik, membangun diri kita sendiri: dengan
berpikir lebih mendalam, kita mengalami dan menyadari kerohanian kita.
Rahasia hidup yang kita selidiki justru memaksa kita untuk berpikir
untuk hidup sesadar-sadarnya, dan memberikan isi kepada hidup kita
sendiri.
2)
Filsafat memberikan kebiasaan dan kepandaian untuk melihat dan
memecahkan persoalan-persoalan dalam hidup sehari-hari. Orang yang hidup
secara “dangkal” saja, tidak mudah melihat persoalan-persoalan, apalagi
melihat pemecahnya. Dalam filsafat kita dilatih melihat dulu apa yang
menjadi persoalan, dan ini merupakan syarat mutlak untuk memecahkannya.
3)
Filsafat memberikan pandangan yang luas, membendung “akuisme” dan
“aku-sentrisme” (dalam segala hal hanya melihat dan mementingkan
kepentingan dan kesenangan si aku).
4)
Filsafat merupakan latihan untuk berpikir sendiri, hingga kita tak
hanya ikut-ikutan saja, membuntut pada pandangan umum, percaya akan
setiap semboyan dalam surat-surat kabar, tetapi secara kritis
menyelidiki apa yang dikemukakan orang, mempunyai pendapat sendiri,
“berdiri-sendiri”, dengan cita-cita mencari kebenaran.
5)
Filsafat memberikan dasar-dasar, baik untuk hidup kita sendiri
(terutama dalam etika) maupun untuk ilmu-ilmu pengetahuan dan lainnya,
seperti sosiologi, ilmu jiwa, ilmu mendidik, dan sebagainya.
Sumber : http://www.masbied.com/2009/12/23/pengertian-filsafat-cabang-cabang-filsafat-filsafat-dan-agama/
Pengertian
Filsafat, Batasan Filsafat, Cabag-Cabang dalam Filsafat, Tujuan Fungsi
dan Manfaat Filsafat dan Aliran-Aliran dalam Filsafat